Jenis – Jenis Aromaterapi

Jenis - Jenis AromaterapiSetelah seharian berada di luar rumah, berkutat dengan pekerjaan serta hiruk pikuk jalanan, apalagi yang Anda harapkan selain menikmati ketenangan di rumah? Namun terkadang sesampainya di rumah, ada banyak pekerjaan rumah yang masih menanti. Cobalah mengambil waktu sejenak untuk bersantai dan relaksasi. Tambahkan aromaterapi terbaik untuk membantu Anda menciptakan suasana yang santai dan nyaman.

Aromaterapi merupakan sebuah metode relaksasi dengan menggunakan aroma yang sangat pekat dan wangi. Biasanya, aromaterapi terbaik diracik atau diambil dari sari-sari tanaman yang memiliki khasiat tertentu. Aromaterapi dapat digunakan untuk mempengaruhi emosi atau bisa menjadi pengubah mood seseorang. Aroma yang digunakan dalam aromaterapi terbaik ini juga berkhasiat untuk mengurangi stress, melancarkan sirkulasi darah, menyingkirkan zat racun dari tubuh, mengurangi gejala insomnia dan penyakit lainnya.

Berikut adalah jenis-jenis aromaterapi terbaik yang perlu Anda kenali:

A. Essential Oil (Minyak Esensial)

Menghirup aromaterapi terbaik dipercaya menjadi cara penyembuhan dan terapi mood yang cepat dan efektif karena molekul-molekul minyak esensial yang mudah menguap tersebut bertindak langsung pada organ-organ penciuman yang kemudian dipersepsikan oleh otak. Minyak esensial biasanya digunakan dengan burner atau tungku pemanas yang terbuat dari keramik, batu ukir atau mangkuk kuningan. Untuk menghasilkan uap, tungku dibakar dengan api dari lilin atau melalui panas listrik.

Cara pemakaiannya sangat mudah, isi mangkuk burner dengan air, tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air, lalu nyalakan lilin atau sambungkan ke sumber listrik. Jumlahnya tergantung pada besar kecilnya mangkuk burner tersebut. Jika takarannya tepat jenis aromaterapi ini akan bertahan selama kurang lebih 2 jam, namun jika Anda tidak menggunakan air, maka hanya akan bertahan sekitar 15 menit. Terlalu banyak air pun akan membuat aromanya tak menyebar.

B. Stick Essence (Dupa)

Untuk Anda yang ingin mengharumkan ruangan, coba gunakan jenis aromaterapi stick essence berbentuk kayu tipis karena dapat mengharumkan ruangan dalam waktu singkat. Cara pemakaiannya pun mudah, hanya dengan membakar ujung dupa dan meletakannya di pojok ruangan maka aromanya akan tersebar ke seluruh ruangan. Dupa sangat cocok digunakan di ruangan dengan ventilasi yang baik agar asap buangannya bisa mengalir ke luar. Tipe aromaterapi ini dapat bertahan kurang lebih 20 menit, namun wanginya bisa bertahan hingga 1,5 jam.

C. Candle Aromatherapy (Lilin Aromaterapi)

Berbeda dengan lilin yang digunakan dengan essential oil dan burner, lilin ini sudah memiliki aroma yang bisa sangat menenangkan. Lilin aromaterapi terbaik seharusnya memiliki beberapa kriteria, antara lain tidak mudah meleleh dan asap tidak berwarna hitam. Anda bisa meletakan lilin aromaterapi ini diatas material yang tidak mudah terbakar, dan jangan lupa untuk memberikan jarak kepada benda-benda lain. Jangan biarkan lilin aromaterapi tetap menyala saat Anda beranjak tidur, segera padamkan setelah selesai digunakan.

Jenis - Jenis AromaterapiYang banyak kita temukan di mal adalah aromaterapi berbentuk lilin dan dupa (incense stick dan incense cone). Ada pula yang berbentuk minyak esensial, tapi umumnya tidak murni, hanya beberapa persen saja. Di mana letak perbedaannya?

1. Dupa

Dibuat dari bubuk akar yang dicampur minyak esensial grade III. Harganya murah, karena minyak yang dipakai bukan kualitas grade I. Karena memakainya adalah dengan cara dibakar, dupa akan menyebabkan masalah bagi orang yang memiliki penyakit asma, sinusitis, atau sedang batuk.

2. Lilin

Biasanya, lilin aromaterapi wanginya itu-itu saja, misalnya sandalwood dan lavender. Sebab, sejumlah minyak esensial tertentu membuat lilin sulit membeku. Bahan baku lilin itu kemudian dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial grade III.
Lilin yang bagus tak mudah meleleh dan asapnya tidak hitam. Untuk pembakaran, lilin membutuhkan oksigen, sementara saat olah napas kita juga memerlukan oksigen. Artinya, kita dan lilin akan berebut oksigen. Karena itu, jangan letakkan terlalu dekat dengan tubuh kita.

3. Minyak esensial

Untuk membakarnya, kita memerlukan sebuah burner. Ada burner keramik yang menggunakan lilin sebagai sumber panas, ada yang menggunakan listrik.
Jika takarannya tepat, aromaterapi akan bertahan selama 2 jam. Tapi, kalau tanpa air sama sekali, 15 menit saja sudah mati. Kalau airnya habis, sementara minyaknya masih ada dalam mangkuk, api lilin akan menjilat keramik, sehingga menimbulkan asap hitam.
Kalau iseng ingin mencampur-campur berbagai macam aroma? Boleh saja. Tidak ada efek yang fatal bagi kesehatan, kok

Setelah mengenal ketiga jenis aromaterapi di atas, Anda kini dapat memilih aromaterapi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. kami menjual aromaterapi ruangan dengan beragam jenis dan varian wewangian yang bisa Anda pilih. Kami juga ingin merekomendasikan situs maha168.com untuk anda , jika ingin bermain judi online. Karena situs ini sudah terbukti akan membayar berapapun kemenangan yang anda dapatkan.

Baca juga : Cara Membeli Tongkat Dupa Berkualitas